Jumat, 20 Februari 2015

penyebab kerusakan rambut

Pakar dari Singapura itu pun memaparkan, ada empat penyebab kerusakan rambut.

1. Kerusakan mekanis
Mechanical damage atau kerusakan mekanis adalah yang paling lumrah dilakukan oleh kebanyakan orang. Kerusakan ini dapat terjadi saat menyisir atau mengeringkan rambut basah menggunakan handuk dengan terlalu keras.

Dua hal tersebut dapat menyebabkan kutikula rambut terkelupas dan rambut menjadi patah.

2. Kerusakan karena lingkungan
Enviromental damage atau kerusakan akibat lingkungan juga menjadi salah penyebab rambut rusak. Hal ini diperparah dengan kondisi negara tropis seperti Indonesia.

Sama seperti yang terjadi pada kulit, paparan sinar ultraviolet mengakibatkan degradasi protein pada rambut. Akibatnya rambut dapat menjadi kering dan kusam.

3. Kerusakan karena panas
Hidup perempuan sekarang ini dimudahkan dengan aneka alat penata rambut. Sebut saja, blow dryer, hair dryer, catok, pengeriting rambut, dan sebagainya.

Penggunaan alat-alat tersebut secara masif dapat menyebabkan kerusakan rambut akibat panas berlebih. Kerusakan ini disebut sebagai thermal damage. Panas dapat menyebabkan kerusakan fatal pada kutikula rambut sehingga rambut jadi menggelembung atau bubble hair.

4. Kerusakan kimia
Tak dimungkiri, penggunaan bahan-bahan kimia akan merusak rambut. Penggunaan bahan kimia adalah saat mewarnai rambut dan bleaching.

Bahan-bahan kimia menimbulkan proses oksidatif yang menyebabkan lapisan F-layer pada rambut hilang. Hal ini menjadikan kutikel menjadi rentan dan akhirnya merusak kesehatan rambut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar